11 Penyebab Rambut Rontok Dan 6 Cara Mengatasinya

Bukan belakang layar lagi bahwa rambut mempunyai imbas yang sangat penting bagi penampilan seseorang. Bahkan mereka rela mengeluarkan gocek yang cukup dalam untuk melaksanakan perawatan rambut. Sebagian besar dari mereka mengeluhkan problem kerontokan pada rambut. Hal ini tidak hanya alami pada perempuan tetapi terjadi juga pada pria, tidak heran jikalau banyak sekali produk produk shampo untuk merawat dan mengatasi rambut rontok.

Perlu diketahui, jikalau kerontokan pada rambut berkisar antara 50 hingga 100 helai perhari berarti kerontokan yang dialami rambut anda masih dianggap normal atau wajar. Nanum jikalau lebih dari itu, anda perlu memberi perhatian lebih untuk merawat rambut anda. Mari kita kenali dulu apa saja penyebab kerontokan pada rambut dan bagaimana cara mengatasinya?

11 Penyebab Rambut Rontok

1. Kelainan Hormon

Anda mungkin sudah berupaya keras untuk merawat rambut tapi tetap saja rontok? Mungkin hal tersebut disebabkan oleh faktor keturunan / ganguan hormon. Ada beberapa hormon yang menimbulkan rambut rontok, salah satunya yaitu Hormon Dihydro Testosterone (DHT). Dikutip dari americanhairloss.org, Dihydro Testosterone (DHT) yaitu turunan dari hormon testosteron laki laki. Hormon ini merupakan akar dari aneka macam jenis rambut rontok yang menimbulkan rusaknya folikel rambut kita.

2. Kurang Gizi dan Vitamin

Penyebab rambut rontok kedua yaitu kurangnya asupan gizi dan vitamin yang cukup. Hal ini menyebankan rambut tipis dan gampang rapuh. Maka dari itu, memenuhi asupan nutrisi juga sangat penting untuk merawat rambut tetap baik dan sehat.

3. Penggunaan Bahan Kimia

Kerusakan pada rambut juga dipicu oleh penggunaan materi kimia yang berlebihan atau tidak sesuai takaran yang di anjurkan. Bahan kimia biasanya terdapat pada produk pewarnaan rambut dan perawatan rambut. Oleh lantaran itu teliti terlebih dahulu sebelum membeli. Karena setiap orang mempunyai jenis kulit kepala yang berbeda.

4. Efek Samping Obat

Rambut rontok juga sanggup disebabkan lantaran imbas samping obat yang anda konsumsi, diantaranya obat kemoterapi, obat penenang / depresi, obat pengencer darah dan kontrasepsi.

5. Alat Penata Rambut

Tampil stylish dan kekinian sudah menjadi ekspresi dominan remaja ini. Untuk mendapatkanya orang rela berjam jam disalon. Penggunaan alat untuk penataan rambut ibarat catokan, pengeriting rambut dan pengering rambut / hair dryer bila dipakai berlebihan tanpa ada perawatan khusus pada rambut anda sanggup menimbulkan rambut patah, kering, dan rapuh. Jelas itu semua menciptakan rontok rambut anda.

6. Mengikat Rambut Terlalu Kencang

Memiliki rambut panjang terkadang mengharuskan kita untuk mengikatnya biar tidak repot melaksanakan aktifitas. Tapi mengikat rambut terlalu besar lengan berkuasa sanggup jadi menciptakan rambut anda rontok lantaran akar rambut akan tertarik, selain itu juga menimbulkan sakit kepala. Cobalah untuk merenggangkan ikatan.

7. Jarang Keramas

Jarang mencuci rambut juga berdampak pada kesehatan rambut dan kulit kepala. dilansir dari cosmopolitan.com, jarang keramas menimbulkan rambut dan kulit kepala menjadi kasar, gatal, kering, kusam, volume rambut berkurang dan anyir tidak sedap. Hal itu terjadi lantaran menumpuknya kotoran dan bubuk pada rambut. Rambut anda juga akan berminyak dan memicu munculnya ketombe.

8. Stress

Ketika seseorang dalam keadaan frustrasi, kesepian, atau kecemasan yang berlibihan akan menimbulkan stress. Kondisi ini menciptakan sel sel darah putih menyerang folikel rambut yang berakibat kerontokan pada rambut. Stress juga meningkatkan resiko serangan jantung, depresi dan obesitas.

9. Penyakit

Jika anda mengalami rambut rontok yang parah, sanggup jadi itu yaitu tanda-tanda awal dari aneka macam bernyakit, diantaranya lupus dan diabetes. Selain itu benjol kulit lantaran tidak cocok dengan shampo yang anda pakai juga mempengaruhi kerontokan rambut.

10. Hamil

Banyak kasus yang terjadi pada perempuan hamil mengalami kerontokan rambut sehabis melahirkan. Hal ini disebabkan lantaran kada hormon estrogen dalam badan menurun yang berkibat naiknya hormon teriod atau sebaliknya. Tapi rambut anda akan tumbuh normal kembali ketika hormon ditubuh sudah seimbang, sekitar 6 hingga 12 bulan sehabis melahirkan

11. Merokok

Tak banyak orang tau, rokok juga mempunyai imbas jelek pada kesehatan rambut. Rokok mencegah oksigenaasi pada jaringan rambut dan menghapus efektif radikal bebas dalam tubuh. Selain itu merokok juga sanggup menimbulkan sel rambut mati, sehingga menimbulkan kerontokan rambut.

Itulah beberapa hal yang sanggup menimbulkan rambut rontok, dengan mengetahui hal tersebut kita sanggup lebih gampang untuk mencegah terjadinya kerontokan pada rambut kita. Selanjutnya mari kita bahas bagaimana cara mengatasi dan merawat rambut rontok.

6 Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami

Sebenernya ada cara medis untuk mengatasi rambut rontok dengan melaksanakan transplantasi rambut atau melaksanakan perawatan rambut disalon. Tetapi kedua cara tersebut sanggup menguras kantong anda. Mengapa tidak mencoba cara alami yang aman, murah dah gampang diaplikasikan dirumah. Dan yang niscaya tidak mempunyai imbas samping lantaran tidak memakai materi kimia sama sekali.

1. Lemon

Lemon mempunyai kandungan astrigents yang mempunyai kegunaan untuk mengencangkan pori pori di kulit kepala, sehingga sanggup mengontrol kerontonkan pada rambut. Lemon juga kaya akan vitamic C yang menunjang kesehatan rambut dan asam alpha-hydroxy yang mengangkat sel mati pada kulit kepala.

  • Siapkan 2 – 3 lemon dan 1 gelas air hangat
  • Potong masing menjadi 2 serpihan dan peras lemon kedalam gelas.
  • Saring air lemon tadi dengan kain muslin, selanjutnya campurkan dengan air hangat
  • Cuci rambut anda terlebih dahulu, kemudian tuangkan adonan keseluruh rambut dan memijatnya.
  • Diamkan selama 5 menit, dan bilas dengan air dingin.
  • Lakukan 2 ahad sekali di pagi hari sehabis mandi.

2. Kentang

Kentang mengandung vitamin C, zat besi, dan kalium yang semuanya penting untuk kesehatan rambut. Perlu diketahui kekurangan kalium sanggup menimbulkan kerontokan pada rambut.

  • Siapkan 1 potong kentang, Madu 1 sendok teh dan Air 1 sendok teh
  • Cuci kentang terlebih dahulu dan kupas semua kulitnya.
  • Potong kecil kecil dan masukan kedalam blender, tambahkan sedikit air.
  • Saring hasil blender dengan kain muslin, tambahkan 1 sendok teh madu dan air aduk hingga rata
  • Oleskan secara menyeluruh ke kulit kepala dan rambut, diamkan selama 30 menit.Bilas dengan memakai sampoo
  • Anda sanggup melakukannya seminggu sekali.

3. Putih Telur

Telur yaitu sumber yang kaya protein, vitamin B, dan nutrisi penting untuk kesehatan rambut yang optimal

  • Siapkan 2 butir telur.
  • Pecahkan dalam mangkok, pisahkan antara putih dan kuning telur.
  • Aduk putih telur hingga ibarat gel.
  • Olehkan putih telur memakai kuas cat rambut secara merata pada kulit kepala dan rambut.
  • Selanjutnya tutup kepala dengan shower cap dan diamkan kurang lebih 20 menit.
  • Bilas dengan air cuek dan sampoo untuk menghilangkan anyir telur.
  • Lakukan 2 kali seminggu.

4. Lidah Buaya

Lidah buaya mempunyai tugas penting dalam menyeimbangkan kada pH kulit kepala dan rambut. Merasap jauh ke dalam kulit kepala dan rambut, sehingga meningkatkan pertumbuhan rambut.

    • Siapkan pengecap buaya secukupnya.
    • Belah pengecap buaya, serpihan ibarat gel gosokan pada rambut dan pijatkan dengan gerakan melingkar keseluruh kulit kepala.
    • Sebelum menggosok dengan gel pengecap buaya pastikan rambut anda sudah dicuci sebelumnya.
    • Biarkan sekitar 15 menit, kemudian bilas dengan air dingin.
    • Lakukan 3 kali seminggu, baiknya dipagi hari sehabis mandi.

5. Minyak Kelapa

Minyak kelapa mengandung antioksidan yang memperkuat rambut dan memperlihatkan kilau alami. Selain itu minyak kelapa juga mempunyai sifat antimikroba yang membantu memerangi benjol kulit kepala.

  • Siapkan 1-2 sendok makan minyak kelapa murni.
  • Beri sedikit pemanas hingga hangat.
  • Oleskan minyak kelapa hangat tadi ke kulit kepala hingga akar rambut. Pijat kecil dengan geraka n melingkar.
  • Diamkan sekitar 30 menit atau semalan, kemudian keramas ibarat biasa.
  • Anda sanggup melakukannya setiap hari.
  • Anda juga sanggup memakai minyak almond dan zaitun. Minyak zaitun mempunyai kegunaan untuk meningkatkan elastisitas rambut. Minyak Almond membantu mencegah rambut rontok dan membuatnya lebih kuat.

 6. Teh Hijau

Teh hijau dikenal untuk merangsang folikel rambut dan meningkatkan laju pertumbuhan rambut.

  • Siapkan 2 kantong teh hijau dan 2-3 cangkir air panas.
  • Celupkan teh hijau dalam air panas, tunggu hingga dingin.
  • Bilas teh hijau ke rambut anda dan pijat hingga merata ke kulit kepala.
  • Anda sanggup memakai solusi teh hijau ini sebagai kondisioner sehabis keramas.
  • Ulangi cara ini 2 kali seminggu.

Itulah beberapa cara alami mengatasi rambut rontok yang gampang dan sanggup dilakukan dirumah tanpa mengeluarkan banyak uang. Selain dengan obat alami rambut rontok diatas, anda sanggup mengikuti tips berikut untuk mencegah kerontokan pada rambut.

Menjaga gaya hidup sehat dengan tidak mengkonsumsi junk food dan olahraga teratur. Mengkonsumsi junk food sanggup menimbulkan rambut rontok, selain itu juga tidak baik untuk badan lantaran mengandung kalori yang berlebih dan tidak ada nutrisi penting didalamnya. Sebaiknya anda beralih ke sayur dan buah buahan serta masakan yang kaya protein dalam hidangan anda. Jangan lupa luangkan waktu untuk berolahraga setidaknya 30 menit sehari / 5 kali seminggu. Olahraga teratur meningkatkan sirkulasi darah dan oksigen ke kulit kepala sehingga rambut lebih sehat dan tidak rontok.

Rambut rontok mungkin sanggup menjadi problem serius bagi anda, tapi tiap problem niscaya ada cara untuk mencegah dan mengatasi. Ikutilah tips diatas dan anda tidak akan bermasalah lagi dengan rambut rontok. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda, jangan lupa meninggalkan jejak setelah membacanya.

Penyebab Rambut Mudah Rontok Karena 5 Hal Ini!

Penyebab Rambut Rontok

Rambut mudah rontok harus segera diketahui penyebabnya. Jika sudah diketahui penyebab kerontokan rambut, baik yang tipis maupun yang panjang, maka harus dicari juga solusi untuk mengatasinya. Nah artikel dengan judul “Penyebab Rambut Mudah Rontok Karena 5 Hal Ini”! akan membahas apa saja penyebab rambut mudah rontok pada pria dan wanita dan cara mengatasinya.

Rambut yang indah dan sehat pasti jadi idaman seluruh orang. Namun sayang,  beberapa hal dapat menyebabkan berhelai-helai rambut mudah rontok tanpa disadari. Tahukah anda apa yang dapat menjadi penyebab rambut mudah rontok?

Kerontokan rambut adalah sesuatu yang tidak kita inginkan. Rambut rontok secara terus-menerus dapat menyebabkan kebotakan. Kebotakan di usia muda merupakan hal yang harus dihindari, karena dapat mengurangi penampilan anda di depan khalayak ramai.

5 Hal Ini Menjadi Penyebab Rambut Mudah Rontok

Penyebab kerontokan rambut disebabkan oleh banyak hal. Namun di sini kami akan menjelaskan 5 hal saja yang menyebabkan rambut gampang rontok. Antara lain dikarenakan oleh kurangnya zat besi, kulit kepala yang bermasalah, perawatan rambut yang salah, perubahan hormon dalam tubuh dan terlalu banyak dan sering mengkonsumsi obat-obatan. Untuk mendapatkan informasi mengenai penjelasan 5 hal penyebab rambut mudah rontok, simak berikut ini.

 

 

  1. Kekurangan Zat Besi

Penyebab rambut mudah rontok yang pertama adalah karena tubuh yang tidak mendapatkan asupan zat besi yang cukup, akan mengalami gangguan dalam produksi sel darah merah. Padahal, sel darah merah punya peran yang urgen dalam tubuh, yakni sebagai pembawa oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan oleh semua sel-sel tubuh. Salah satunya adalah rambut. Itu sebabnya, tidak cukupnya jumlah zat besi akan menjadi penyebab rambut mudah rontok.

Berikut ini adalah sumber-sumber zat besi bagi tubuh;

  • Daging merah tanpa lemak misalnya daging sapi, kambing, dan domba.
  • Seafood seperti kerang, tuna, Salmon, dan udang.
  • Kacang-kacangan seperti kacang merah, kacang putih, kacang kedelai, atau kacang hitam.
  • Dan sayuran hijau seperti bayam, brokoli, dan kangkung.
  1. Kulit Kepala Bermasalah

Kondisi kulit kepala yang tidak sehat dapat mengakibatkan peradangan sehingga menyulitkan proses pertumbuhan rambut baru. Saat yang sama, helai rambut juga lebih mudah rontok satu per satu. Contoh peradangan-peradangan kulit kepala yang menjadi penyebab rambut mudah rontok adalah masalah ketombe, Psoriasis di kepala, serta infeksi jamur seperti kurap di kulit kepala.

Note: psoriasis adalahkelainan kulit yang dapat berlangsung dalam jangka waktu lama dan mudah kambuh. Ciri-cirinya adalah bercak merah yang ditutupi sisik putih, kering, kasar dan tebal.

  1. Perawatan Rambut Tidak Sesuai

Agar enak dipandang, biasanya orang melakukan perawatan untuk rambutnya, antara lain; menggunakan alat penata rambut, memakai pewarna rambut dan mengikat rambutnya. Tahukah anda, perawatan rambut secara berlebihan dengan cara-cara di atas bisa menjadi penyebab rambut mudah rontok?

Memakai salah satu alat penata rambut, seperti; catokan, blow, atau hair dryer, setiap hari dapat menyebabkan helai rambut mudah rontok tanpa henti. Mengapa demikian? Karena panas yang dihantarkan oleh alat-alat penata rambut di atas, dapat mengakibatkan folikel rambut (lokasi pertumbuhan rambut baru) jadi mudah rusak, lemah dan rapuh.

Hati-hati dengan pewarna rambut berbahan kimia. Penggunaan pewarna rambut dengan kandungan bahan kimia di dalamnya menyebabkan efek samping dalam jangka panjang. Dan termasuk penyebab rambut gampang rontok adalah mengikat rambut di tempat sama dalam jangka waktu yang lama juga.

  1. Kadar Hormon Tidak Stabil

Kehamilan, persalinan, pemakaian pil KB, menopause, serta masalah tiroid ialah berbagai kondisi yang mengakibatkan kadar hormon di dalam tubuh tidak stabil. Kadar hormon yang tidak stabil di dalam tubuh dirasakan juga dampaknya oleh rambut, yaitu timbulnya kerontokan rambut yang tampak semakin parah dari hari ke hari.

  1. Konsumsi Obat-Obatan

Penyebab rambut mudah rontok tidak mesti selalu dari kondisi kesehatan rambut. Pengaruh dari luar bisa menyebabkan rambut mudah rontok. Contohnya sedang teratur minum obat tertentu untuk penyembuhan penyakit tertentu seperti; kanker, jantung, depresi, arthritis, asam urat, maupun tekanan darah tinggi.

Agar rambut tetap sehat, konsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi, jaga kebersihan dan kesehatan kulit kepala,  dan jangan menggunakan alat perawatan rambut secara berlebihan. Dengan cara-cara ini, kesehatan dan kecantikan rambut akan tetap terjaga.

Kerontokan rambut jika terjadi pada orang yang masih berusia muda, tentu saja dapat menyebabkan kebotakan dini. Terima kasih sudah membaca artikel dengan judul Penyebab rambut mudah rontok karena 5 hal ini. Semoga dengan membaca artikel ini, pemirsa mengenali penyebab rambut mudah rontok dan patah dan tahu cara mengatasinya, baik pada pria atau wanita.

Untuk kerontokan rambut yang telah terjadi sangat parah, gunakan Blackid Hair Serum yang ampuh mengatasi rambut rontok baik untuk pria dan wanita, anak kecil dan orang dewasa.

5 Bahan Alami Untuk Mengatasi Rambut Rontok

5 Bahan Alami Untuk Mengatasi Rambut Rontok

Bahan Alami Untuk Mengatasi Rambut Rontok – Rambut rontok sungguh benar-benar mengganggu pikiran. Tak ayal, masalah ini tak hanya dirasakan kaum wanita saja, para pria pun dapat mengalaminya. Penyebabnya pun macam-macam, antara lain; stres berlebihan, gaya hidup, kebiasan merokok, dan lain sebagainya.

Di saat menghadapi kondisi seperti ini, kita harus tahu apa cara yang paling ampuh untuk mengatasi kerontokan rambut. Tips dan cara mencegah rambut rontok berlebihan pun banyak dicari dan dibaca di dunia maya. Salah satunya adalah cara mengatasi rambut rontok dengan bahan alami yang bisa dibuat sendiri di rumah.

Membuat Ramuan Mengatasi Rambut Rontok Di Rumah

Cara membuat ramuan bahan alami untuk mengatasi rambut rontok, baik yang parah, berketombe, kering dan berlebihan sebenarnya mudah sekali. Namun membuat ramuan dengan bahan alami, yang sudah dibuktikan oleh orang-orang dahulu, tidak mudah untuk dilakukan.

Namun jika kamu benar-benar ingin mencegah kerontokan rambut agar tidak parah, coba buat ramuan dengan bahan-bahan alami berikut ini. Bahan-bahan alami penumbuh rambut yang rontok parah berlebihan yang bisa dibuat di rumah, tidaklah terlalu sulit memperolehnya.

Neem, Salah Satu Bahan Alami Untuk Mengatasi Rambut Rontok

Mimba atau Intaran tanaman untuk mengatasi rambut rontok yang banyak ditembukan di India

Di artikel ini kami akan mereferensikan 5 bahan alami untuk mencegah dan mengatasi rambut yang mudah rontok. Keenam bahan alami tersebut adalah daun Intaran atau mimba, lidah buaya, teh hijau, jus ketumbar, dan kentang. Mungkin dari kelima bahan alami yang masih asing di telinga kita adalah neem atau yang sering disebut mimba.

Daun Intaran atau Mimba mempunyai sifat anti bakteri yang menakjubkan. Daun yang banyak ditemukan di India itu dapat membantu meminimalisir rambut rontok, dengan meningkatkan aliran darah ke kulit. Selain tersebut juga menolong membunuh bakteri dan kutu yang terdapat di rambut.

5 Bahan Alami Untuk Mengatasi Rambut Rontok

Selain neem, bahan-bahan alami seperti lidah buaya, teh, ketumbar dan kentang merupakan nama-nama herbal yang tidak asing di telinga kita. Bahan-bahan alami tersebut digunakan sebagai perawatan rambut agar tidak mudah rontok. Bagaimana cara membuat ramuan berbahan alami di rumah untuk mencegah dan mengatasi rambut rontok? Simak berikut ini ..

A. Daun Intaran Atau Mimba

Salah satu cara ampuh untuk mengatasi rambut yang gampang rontok dengan bahan alami adalah menggunakan daun intaran atau mimba. Caranya adalah rebus sejumlah daun mimba dalam air sampai Tampak perubahan warna air, biarkan dingin dan Memakai konsentrasi untuk membasuh rambut Anda.

Lakukan seminggu sekali agar rambut rontok dapat berkurang. Tidak hanya mencegah rambut rontok berlebihan, daun mimba juga membantu menghilangkan ketombe. Di samping itu daun Intaran juga dapat membuka pori-pori kulit kepala sehingga akan menambah pertumbuhan rambut.

B. Lidah Buaya

Bukan rahasia umum jika jenis tanaman ini sangat membantu mengatasi rambut rontok dengan cara menyeimbangkan tingkat pH rambut dan kulit kepalamu. Gel yang dikeluarkan dari lidah buaya merembes ke kulit kepala, sehingga dapat memicu pertumbuhan rambut lebih cepat dan subur kembali.

Cara mengatasi rambut rontok dengan lidah buaya cukup mudah. Caranya adalah remas pulpa dari daun lidah buaya atau tangkai, kemudian pijat perlahan kulit kepalamu sekitar 15 hingga 20 menit. Kemudian bilas rambut dengan air secukupnya. Lakukan cara ini sebanyak dua kali seminggu dan Anda bakal melihat hasil yang menakjubkan.

C. Teh Hijau

 

Meminum teh hijau akan memberi khasiat dan manfaat yang luar biasa untuk kesehatan. Tak hanya itu, rebusan tiga kantong teh hijau dapat juga digunakan untuk membilas rambut yang mudah rontok. Lakukanlah dua kali seminggu dan hasilnya akan terlihat nyata.

Teh hijau pun akan memelihara kulit kepala dan rambut kita dari kerusakan dampak sinar matahari, menangkal rambut pecah-pecah, dan membuat rambut kita lebih bersinar.

D. Jus Ketumbar

Jus ketumbar menolong meningkatkan perkembangan rambut dan mengendalikan rambut rontok. Buatlah pasta kental dengan menggiling daun ketumbar segar, saring dan simpan jus nya. Oleskan jus pada rambut dan kulit kepala, biarkan sekitar satu jam dan kemudian pakai samphoo enteng untuk mencucinya. Lakukan sebanyak 2x seminggu agar kerontokan rambut dapat diatasi.

E. Kentang

Kentang ternyata dapat menjadi penyelamat ketika menghadapi rambut rontok. Makanan ini dapat membantu mengatasi kelemahan kalium yang menyebabkan rambut rontok.

Cara mengatasi rambut rontok dengan kentang; kupas kulit kentang, haluskan, dan peras untuk membuat jus. Tambahkan satu sendok makan madu ke dalam jus kentang dan oleskan sebagai masker rambut dan biarkan sekitar 15 menit. Bilas dengan sampho ringan.

KESIMPULAN

Cara membuat 6 ramuan bahan alami untuk mengatasi rambut rontok, baik yang parah, berketombe, kering dan berlebihan sebenarnya mudah. Namun membuat ramuan dengan bahan alami yang sering digunakan oleh orang terdahulu untuk menumbuhkan dan menyuburkan kembali rambut yang sudah rontok banyak tidak semudah yang dikira. Faktor banyaknya kegiatan, baik di dalam maupun di luar rumah menyebabkan kita sulit untuk membuat ramuan berbahan alami sebagai perawatan dan penumbuh rambut rontok.

Namun sekarang ini kamu ga perlu repot-repot mencari cara ampuh mengatasi rambut rontok dengan bahan-bahan alami di rumah. Cukup shurfing di google, sejumlah ramuan obat penumbuh rambut rontok resmi izin bPOM sudah banyak dijual dengan harga terjangkau, salah satunya adalah Blackid Premum Balitung. Tertarik menggunakan Blackid Hair Serum penumbuh dan penyubur rambut rontok kering, berketombe, parah dan berlebihan? Segera hubungi admin www.blackid.co.id!