Berbagai Pilihan Obat Untuk Mengatasi Rambut Rontok Parah

Berbagai Pilihan Obat Untuk Mengatasi Rambut Rontok Parah

Berbagai pilihan obat guna mengatasi rambut rontok parah banyak beredar di toko-toko offline maupun online. Namun harus hati-hati dalam memilih jenis obat untuk rambut rontok. Rambut rontok memang paling menjengkelkan apalagi jika yang rontok banyak sekali.

Jika kerontokan rambut sudah tidak bisa diatasi dengan berbagai cara, segera konsultasikan ke dokter ahli. Ada kemungkinan dokter ahli perawatan rambut akan merekomendasikan obat terbaik untuk rambut yang mudah rontok.  Banyak faktor yang menyebabkan rambut rontok parah, mulai dari hal keturunan, stres, situasi medis, atau efek samping obat-obatan.

Aneka Obat Untuk Penumbuh Rambut Rontok

Ada dua jenis obat yang dapat digunakan agar bisa mengatasi rambut rontok parah. Namun sebelum menggunakannya, konsultasikan dahulu ke dokter agar merekomendasikan obat rambut rontok terbaik yang sesuai dengan kondisi rambut anda. Berikut obat penumbuh rambut rontok yang biasa direkomendasikan oleh dokter ahli perawatan rambut;

  1. Minoxidil

Jenis obat rambut rontok ini berbentuk cair, yang dipasarkan bebas tanpa mesti menebus resep dokter. Obat penumbuh rambut rontok berbahan kimi ini bekerja memperlebar ukuran folikel rambut. Sehingga dapat memproduksi nutrisi rambut agar rambut lebih banyak dan kuat.

Minoxidil aman dipakai oleh lelaki dan wanita, tapi dikutip dari laman Web MD, minoxidil nampaknya lebih efektif dipakai oleh perempuan yang menderita kerontokan rambut parah dibandingkan pria. Efek samping yang barangkali terjadi dampak menggunakan obat rontok ini mencakup iritasi kulit kepala, perkembangan rambut halus pada wajah dan tangan, sampai denyut jantung yang lebih cepat (takikardia).

Untuk memakai minoxidil Anda melulu perlu mengoleskannya di kulit kepala secara teratur setiap hari. Setelah selama enam bulan perawatan, maka rambut bakal mulai tumbuh kembali. Namun, kita masih mesti memakai obat ini untuk menjaga pertumbuhan sekaligus menangkal kerontokan rambut. Untuk lebih jelasnya, Anda dapat membicarakan dulu dengan dokter sebelum menyimpulkan untuk menggunakan obat ini.

  1. Finasteride

Jika minoxidil lebih ampuh guna wanita, finasterida ialah obat rambut rontok yang banyak diamini ampuh untuk pria. Finasteride berbentuk tablet yang mesti diminum rutin masing-masing hari. Finasterida bekerja dengan teknik menurunkan kadar hormon dihidrotestosteron (DHT) yang memperlambat perkembangan folikel rambut. Pada akhirnya, finaterida bakal memperlambat kerontokan rambut dan memicu pertumbuhan rambut baru. Namun, Anda mesti agak bersabar bila hendak mendapat hasil yang maksimal. Pasalnya, finasteride baru akan mengindikasikan hasil yang maksimal sesudah enam bulan dipakai secara teratur.

Penggunaan finasteride dapat menghasilkan efek samping, laksana menurunnya hasrat seksual dan berbagai masalah seksual lainnya, yang dapat berhenti sesudah Anda bukan lagi mengonsumsi obat ini. Finasteride jangan dikonsumsi ibu hamil, termasuk menyentuh tablet yang sudah bobrok atau hancur, karena dapat meningkatkan risiko cacat lahir pada bayi. Di samping pakai obat, ada teknik lainnya guna mengatasi kerontokan rambut

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *