Wajib Tahu 7 Faktor Penyebab Rambut Rontok

Wajib Tahu 7 Faktor Penyebab Rambut Rontok

Rambut yang rontok merupakan hal yang wajar dan alami yang dirasakan orang masing-masing orang, khususnya lansia. Namun bukan hal yang biasa, jika rambut rontok terjadi pada usia remaja, apalagi anak kecil. Banyak faktor-faktor yang menyebabkan rambut mulai rontok di usia-usia tersebut.

Banyak hal yang menjadi faktor penyebab rambut mudah rontok. Mulai dari masalah kesehatan, efek dari obat-obatan, faktor keturunan, kehamilan, perawatan rambut yang berlebihan, gaya hidup yang salah dan lain sebagainya. Nah artikel kita ini akan mengupas 7 faktor penyebab rambut rontok yang sering kita alami. Apa saja ke tujuh faktor penyebab rambut rontok tersebut? Yuk simak selanjutnya ..

7 Faktor Utama Penyebab Rambut Rontok

Sangat urgen untuk melakukan perawatan pada rambut kita jika kita mengetahui adanya kerontokkan pada rambut secara berlebihan. Kerontokan rambut sendiri tentunya secara pelan-pelan akan menyebabkan kebotakan pada rambut jika tidak  cepat-cepat diatasi dengan segera mungkin. Apa saja sih menyebabkan rambut mudah rontok? Yuk kita simak artikel dengan judul Wajib Tahu 7 Faktor Penyebab Rambut Rontok.

  1. Masalah Kesehatan

Kerontokan rambut dapat terjadi sebab masalah kesehatan laksana orang yang terpapar anemia kemudian kekurangan protein sehingga merasakan kerontokan rambut. Masalah kesehatan sangat umum yang bisa menyebabkan kerontokan rambut adala alopecia, yaitu situasi autoimun yang mengakibatkan kehancuran folikel pada rambut.Tidak melulu itu, masalah kesehatan mental seperti kegelisahan dan stress berat juga dapat menyebabkan kerontokan pada rambut kepala anda.

  1. Efek dari Obat-obatan

Jika anda sedang menjalani perawatan medis yang rutin laksana kemoterapi, bisa jadi besar anda akan merasakan kerontokan rambut.Meskipun tidak tidak jarang kali dapat dicegah, sejumlah obat-obatan mempunyai efek samping yang bisa mengakibatkan rambut rontok parah.

  1. Genetika Turunan

Dalam sejumlah kasus, hal gen dapat menyebabkan rambut rontok.Namun tidak tidak sedikit yang dapat dilakukan bila kerontokan rambut diakibatkan oleh hal DNA.

  1. Kehamilan

Ketika wanita sedang berisi, seringkali tubuh wanita tersebut akan merasakan perubahan hormon dan pun stress yang besar, kedua urusan ini ialah faktor besar penyebab rontoknya rambut.kerontokan rambut juga dapat terjadi di pasca melahirkan.

  1. Laki-laki

Berdasarkan riset 85 persen dari laki-laki mengalami kerontokan rambut di sepanjang hidupnya. Biasanya laki-laki kehilangan rambutnya di sekitar ‘mahkota’ kepalanya, sedangkan wanita nyaris seluruh bagian kepalanya.]Itulah dalil transplantasi rambut tidak direkomendasikan guna perempuan.

  1. Penuaan

Penelitian yang diterbitkan oleh Internasional Jurnal Dermatologi Perempuan menuliskan bahwa 38 persen wanita di atas umur 50 tahun merasakan penipisan rambut. Sayangnya,penuaan pun masalah kerontokan rambut yang tidak dapat diselesaikan begitu muncul. Kunci untuk menangkal rambut rontok ialah dengan  mengambil langkah-langkah pencegahan dan mengawal  kesehatan rambut.

  1. Over-styling rambut

Over-styling rambut bisa menyebabkan kehancuran yang ekstrim pada rambut.Gaya tertentu yang mengakibatkan ketegangan pada rambut dapat mengakibatkan stres berlebih yang dapat menyebabkan kehancuran rambut yang menyebabkan kerontokan.

BACA JUGA: 8 BAHAN ALAMI PENYUBUR RAMBUT

Menggunakan alat-alat rambut yang dipanaskan seperti pelurus dan pengeriting pun dapat menyebabkan kehancuran pada rambut yang menyebabkan kebotakan.Oleh sebab itu, batasi perangkat yang menghasilkan panas yang berlebihan. Saat memakai alat rambut yang dipanaskan, selalu pakai pelindung panas guna rambut kita terlebih dahulu.

Kesimpulannya, ke 7 faktor penyebab rambut rontok di atas sering kita jumpai bahkan kita alami. Rambut rontok tentunya lambat-laun akan mengurangi penampilan kita. Betapa tidak, jika rambut rontok dibiarkan terus menerus, maka kita akan mengalamai kebotakan pada rambut dan ini bisa menjadi kerugian yang lumayan besar bagi kita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *