7 Cara Mengatasi Rambut yang Terus Menipis

7 Cara Mengatasi Rambut yang Terus Menipis

7 Cara Mengatasi Rambut Yang Terus menipis

Bagi perempuan maupun pria, mempunyai rambut yang terus menipis tentu paling menjengkelkan, bahkan mengkhawatirkan. Rambut yang menipis seringkali mengacu pada kerontokan rambut tingkat rendah hingga sedang.

Tidak seperti  kerontokan rambut yang terjadi secara umum, rambut yang menipis seringkali tidak mengakibatkan kebotakan. Hanya saja, rambut bakal terlihat jarang sampai-sampai kulit kepala lebih tampak jelas.

Tidak hanya terjadi pada wanita, pria juga mengalami penipisan atau kerontokan rambut, bahkan lebih parah dari pada wanita. Biasanya penipisan rambut terjadi di usia 40-an tahun. Namun sekarang ini anak-anak muda usia 20-30 tahun juga mengalami penipisan rambut.

Penyebab Rambut Terus Menipis

Rambut yang menipis lazimnya terjadi secara bertahap. Oleh sebab itu, anda bisa mengatasi rambut yang terus menipis. Penipisan rambut diakibatkan oleh banyak faktor, antara lain; keturunan, gaya hidup, pemakaian produk perawatan rambut berbahan kimia dan lain-lain. Berikut faktor-faktor penyebab penipisan rambut;

1. Pola makan yang buruk

Rambut terbuat dari sejenis protein tertentu yang tentunya membutuhkan nutrisi tambahan agar selalu sehat dan tidak mudah rontok. Rambut juga memerlukan zat besi untuk mencegah kebotakan. Konsumsi makanan-makanan yang banyak mengandung vitamin dan zat besi agar rambut selalu sehat.

2. Genetik Atau Faktor Keturunan

Banyak orang mengira, jika kepala seseorang botak maka ia tidak jauh dari ayahnya yang juga botak. Faktanya, kebotakan seseorang dipengaruhi oleh gen ibunya.

3. Stres

Stres adalah salah satu penyebab utama kerontokan rambut. Jika anda stres berlebihan, maka hormon-hormon rambut terganggu sehingga mengakibatkan penipisan rambut.

4. Terlalu sering keramas

Kulit kepala mengandung  minyak alami yang membantu rambut tetap sehat. Namun jika minyak alami ini digantikan dengan zat-zat kimiawi , maka rambut akan menjadi kering serta rapuh sehingga akan mudah rontok.

5. Alirah darah tak lancar

Aliran darah yang tak lancar juga bisa berujung pada kebotakan dan penipisan rambut. Pasalnya setiap helai rambut ‘menancap’ pada sebuah folikel yang sumber makanan utamanya berasal dari aliran darah. Jadi jika Anda mengalami gangguan sirkulasi darah atau gizi yang buruk, jangan heran apabila rambut Anda gampang rontok.

6. Hipertiroidisme, diabetes dan lupus

Ketiga gangguan kesehatan tersebut telah lama dikaitkan dengan kerontokan dan penipisan rambut. Ringworm alias kurap pun dapat merusak folikel rambut dan mengakibatkan penipisan rambut atau kebotakan. Begitu juga dengan pengobatan kanker seperti kemoterapi dan terapi radiasi. Namun biasanya rambut pasien kanker akan kembali tumbuh setelah terapinya selesai.

7. Model rambut tertentu dan perawatan rambut

Model rambut tertentu yang dapat menarik folikel seperti spike, ponytail atau yang diberi gel dapat mempercepat kerontokan rambut. Pewarnaan rambut dengan zat-zat kimia, penggunaan alat pengeriting dan pengering rambut juga dapat merusak rambut sehingga mudah rontok.

Cara Mengatasi rambut tipis

Gunakan cara-cara yang tepat untuk mengatasi penipisan rambut yang bisa menyebabkan kebotakan. Konsultasikan ke dokter ahli bila perlu. Minta saran teman-temanmu yang pernah mengalami pengalaman yang sama. Nah untuk masalah ini, coba simak cara mencegah dan mengurangi penipisan rambut yang bisa diterapkan berikut ini;

1. Konsumsi Makanan Perangsang Pertumbuhan Rambut

Cobalah guna memerhatikan asupan nutrisi yang anda makan. Makan-makanan yang berisi protein, zat besi, zinc, dan vitamin B12 dapat merangsang perkembangan rambut. Daging tanpa lemak, sayuran hijau, kacang-kacangan, dan ikan dapat kamu sisipkan dalam menu makan dan camilan sehari-hari. Dengan Cepat

2. Pijit Kulit Kepala

Termasuk cara mengatasi penipisan pada rambut adalah dengan memijat kulit kepala. Ketika keramas, pijit kepala anda pelan-pelan sampai merasa nyaman.

Selain menolong penyerapan sampo menjadi lebih maksimal, memijat kulit kepala secara perlahan juga bermanfaat untuk melancarkan aliran darah di kepala. Hal ini dapat menolong mendorong pertumbuhan rambut baru. Dengan memijat kulit kepala, sel-sel kulit mati yang menumpuk di kulit kepala yang barangkali memicu penipisan rambut juga dapat terangkat. Merusak Rambut

3. Gunakan Minyak Esensial

Minyak esensial biasanya digunakan untuk aromaterapi dan pengobatan pilihan lainnya. Salah satu minyak esensial terbaik, yaitu Rosemary, dapat memicu pertumbuhan rambut. Pemakaian minyak rosemary secara rutin dapat mempertebal rambut.

Sebelum memakai minyak ini, pastikan anda tidak sedang alergi. Nah mulailag dengan meneteskan minyak esensial di lengan atau belakang telinga secukupnya. Jika dalam kurun 24 jam kulit tidak kemerah-merahan dan gatal-gatal, kamu dapat melanjutkan pemakaiannya di kulit kepala. Tapi ingat, minyak esensial harus diencerkan dengan minyak lainnya, seperti minyak zaitun.

4. Hindari Perawatan Rambut Yang Berlebihan

Cara menanggulangi rambut tipis lainnya merupakan dengan menghindari pengaturan rambut yang berlebih. Kurangi pemakaian pengering rambut, catokan, pewarna rambut, dan serangkaian pengaturan lainnya yang paling berkontribusi pada kehancuran dan penipisan rambut.

5. Gunakan Shampo Yang Tepat

Sampho untuk rambut tipis seringkali bekerja dengan dua cara. Pertama, meningkatkan volume rambut sehingga tampak lebih tebal. Cara ini dapat membantu orang berambut tipis secara alami.

Kedua, sampho yang mengandung vitamin dan asam amino agar kulit kepala lebih sehat sehingga dapat menghasilkan lebih tidak sedikit rambut dari masa-masa ke waktu.

6. Terapi Akupunktur

Menurut praktisi pengobatan tradisional Tiongkok, kesehatan rambut berkaitan dengan dua hal, yakni energi ginjal dan darah, di mana dua-duanya berperan dalam merawat kesehatan rambut. Maureen Conant, seorang praktisi Acupuncture di Seattle mengaku bahwa pada sejumlah kasus, akupunktur menolong mengurangi penipisan rambut pada perempuan dan berangsur-angsur membaik dalam hitungan minggu sampai bulan sesudah perawatan.

7. Kendalikan Stres

Stres termasuk penyebab utama munculnya penyakit, termasuk penipisan rambut. Jangan terlalu lama dengan stres berlebihan. Stres berlarut-larut dapat menyebabkan penipisan pada rambut. Semakin tipis rambut, semakin anda akan dekat dengan kebotakan. Jadi sebisa mungkin untuk mengendalikan stres.

Artikel tentang cara mengatasi rambut yang terus menipis bisa menjadi referensi bagi anda.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *