11 Penyebab Rambut Rontok Dan 6 Cara Mengatasinya

11 Penyebab Rambut Rontok Dan 6 Cara Mengatasinya

Bukan belakang layar lagi bahwa rambut mempunyai imbas yang sangat penting bagi penampilan seseorang. Bahkan mereka rela mengeluarkan gocek yang cukup dalam untuk melaksanakan perawatan rambut. Sebagian besar dari mereka mengeluhkan problem kerontokan pada rambut. Hal ini tidak hanya alami pada perempuan tetapi terjadi juga pada pria, tidak heran jikalau banyak sekali produk produk shampo untuk merawat dan mengatasi rambut rontok.

Perlu diketahui, jikalau kerontokan pada rambut berkisar antara 50 hingga 100 helai perhari berarti kerontokan yang dialami rambut anda masih dianggap normal atau wajar. Nanum jikalau lebih dari itu, anda perlu memberi perhatian lebih untuk merawat rambut anda. Mari kita kenali dulu apa saja penyebab kerontokan pada rambut dan bagaimana cara mengatasinya?

11 Penyebab Rambut Rontok

1. Kelainan Hormon

Anda mungkin sudah berupaya keras untuk merawat rambut tapi tetap saja rontok? Mungkin hal tersebut disebabkan oleh faktor keturunan / ganguan hormon. Ada beberapa hormon yang menimbulkan rambut rontok, salah satunya yaitu Hormon Dihydro Testosterone (DHT). Dikutip dari americanhairloss.org, Dihydro Testosterone (DHT) yaitu turunan dari hormon testosteron laki laki. Hormon ini merupakan akar dari aneka macam jenis rambut rontok yang menimbulkan rusaknya folikel rambut kita.

2. Kurang Gizi dan Vitamin

Penyebab rambut rontok kedua yaitu kurangnya asupan gizi dan vitamin yang cukup. Hal ini menyebankan rambut tipis dan gampang rapuh. Maka dari itu, memenuhi asupan nutrisi juga sangat penting untuk merawat rambut tetap baik dan sehat.

3. Penggunaan Bahan Kimia

Kerusakan pada rambut juga dipicu oleh penggunaan materi kimia yang berlebihan atau tidak sesuai takaran yang di anjurkan. Bahan kimia biasanya terdapat pada produk pewarnaan rambut dan perawatan rambut. Oleh lantaran itu teliti terlebih dahulu sebelum membeli. Karena setiap orang mempunyai jenis kulit kepala yang berbeda.

4. Efek Samping Obat

Rambut rontok juga sanggup disebabkan lantaran imbas samping obat yang anda konsumsi, diantaranya obat kemoterapi, obat penenang / depresi, obat pengencer darah dan kontrasepsi.

5. Alat Penata Rambut

Tampil stylish dan kekinian sudah menjadi ekspresi dominan remaja ini. Untuk mendapatkanya orang rela berjam jam disalon. Penggunaan alat untuk penataan rambut ibarat catokan, pengeriting rambut dan pengering rambut / hair dryer bila dipakai berlebihan tanpa ada perawatan khusus pada rambut anda sanggup menimbulkan rambut patah, kering, dan rapuh. Jelas itu semua menciptakan rontok rambut anda.

6. Mengikat Rambut Terlalu Kencang

Memiliki rambut panjang terkadang mengharuskan kita untuk mengikatnya biar tidak repot melaksanakan aktifitas. Tapi mengikat rambut terlalu besar lengan berkuasa sanggup jadi menciptakan rambut anda rontok lantaran akar rambut akan tertarik, selain itu juga menimbulkan sakit kepala. Cobalah untuk merenggangkan ikatan.

7. Jarang Keramas

Jarang mencuci rambut juga berdampak pada kesehatan rambut dan kulit kepala. dilansir dari cosmopolitan.com, jarang keramas menimbulkan rambut dan kulit kepala menjadi kasar, gatal, kering, kusam, volume rambut berkurang dan anyir tidak sedap. Hal itu terjadi lantaran menumpuknya kotoran dan bubuk pada rambut. Rambut anda juga akan berminyak dan memicu munculnya ketombe.

8. Stress

Ketika seseorang dalam keadaan frustrasi, kesepian, atau kecemasan yang berlibihan akan menimbulkan stress. Kondisi ini menciptakan sel sel darah putih menyerang folikel rambut yang berakibat kerontokan pada rambut. Stress juga meningkatkan resiko serangan jantung, depresi dan obesitas.

9. Penyakit

Jika anda mengalami rambut rontok yang parah, sanggup jadi itu yaitu tanda-tanda awal dari aneka macam bernyakit, diantaranya lupus dan diabetes. Selain itu benjol kulit lantaran tidak cocok dengan shampo yang anda pakai juga mempengaruhi kerontokan rambut.

10. Hamil

Banyak kasus yang terjadi pada perempuan hamil mengalami kerontokan rambut sehabis melahirkan. Hal ini disebabkan lantaran kada hormon estrogen dalam badan menurun yang berkibat naiknya hormon teriod atau sebaliknya. Tapi rambut anda akan tumbuh normal kembali ketika hormon ditubuh sudah seimbang, sekitar 6 hingga 12 bulan sehabis melahirkan

11. Merokok

Tak banyak orang tau, rokok juga mempunyai imbas jelek pada kesehatan rambut. Rokok mencegah oksigenaasi pada jaringan rambut dan menghapus efektif radikal bebas dalam tubuh. Selain itu merokok juga sanggup menimbulkan sel rambut mati, sehingga menimbulkan kerontokan rambut.

Itulah beberapa hal yang sanggup menimbulkan rambut rontok, dengan mengetahui hal tersebut kita sanggup lebih gampang untuk mencegah terjadinya kerontokan pada rambut kita. Selanjutnya mari kita bahas bagaimana cara mengatasi dan merawat rambut rontok.

6 Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami

Sebenernya ada cara medis untuk mengatasi rambut rontok dengan melaksanakan transplantasi rambut atau melaksanakan perawatan rambut disalon. Tetapi kedua cara tersebut sanggup menguras kantong anda. Mengapa tidak mencoba cara alami yang aman, murah dah gampang diaplikasikan dirumah. Dan yang niscaya tidak mempunyai imbas samping lantaran tidak memakai materi kimia sama sekali.

1. Lemon

Lemon mempunyai kandungan astrigents yang mempunyai kegunaan untuk mengencangkan pori pori di kulit kepala, sehingga sanggup mengontrol kerontonkan pada rambut. Lemon juga kaya akan vitamic C yang menunjang kesehatan rambut dan asam alpha-hydroxy yang mengangkat sel mati pada kulit kepala.

  • Siapkan 2 – 3 lemon dan 1 gelas air hangat
  • Potong masing menjadi 2 serpihan dan peras lemon kedalam gelas.
  • Saring air lemon tadi dengan kain muslin, selanjutnya campurkan dengan air hangat
  • Cuci rambut anda terlebih dahulu, kemudian tuangkan adonan keseluruh rambut dan memijatnya.
  • Diamkan selama 5 menit, dan bilas dengan air dingin.
  • Lakukan 2 ahad sekali di pagi hari sehabis mandi.

2. Kentang

Kentang mengandung vitamin C, zat besi, dan kalium yang semuanya penting untuk kesehatan rambut. Perlu diketahui kekurangan kalium sanggup menimbulkan kerontokan pada rambut.

  • Siapkan 1 potong kentang, Madu 1 sendok teh dan Air 1 sendok teh
  • Cuci kentang terlebih dahulu dan kupas semua kulitnya.
  • Potong kecil kecil dan masukan kedalam blender, tambahkan sedikit air.
  • Saring hasil blender dengan kain muslin, tambahkan 1 sendok teh madu dan air aduk hingga rata
  • Oleskan secara menyeluruh ke kulit kepala dan rambut, diamkan selama 30 menit.Bilas dengan memakai sampoo
  • Anda sanggup melakukannya seminggu sekali.

3. Putih Telur

Telur yaitu sumber yang kaya protein, vitamin B, dan nutrisi penting untuk kesehatan rambut yang optimal

  • Siapkan 2 butir telur.
  • Pecahkan dalam mangkok, pisahkan antara putih dan kuning telur.
  • Aduk putih telur hingga ibarat gel.
  • Olehkan putih telur memakai kuas cat rambut secara merata pada kulit kepala dan rambut.
  • Selanjutnya tutup kepala dengan shower cap dan diamkan kurang lebih 20 menit.
  • Bilas dengan air cuek dan sampoo untuk menghilangkan anyir telur.
  • Lakukan 2 kali seminggu.

4. Lidah Buaya

Lidah buaya mempunyai tugas penting dalam menyeimbangkan kada pH kulit kepala dan rambut. Merasap jauh ke dalam kulit kepala dan rambut, sehingga meningkatkan pertumbuhan rambut.

    • Siapkan pengecap buaya secukupnya.
    • Belah pengecap buaya, serpihan ibarat gel gosokan pada rambut dan pijatkan dengan gerakan melingkar keseluruh kulit kepala.
    • Sebelum menggosok dengan gel pengecap buaya pastikan rambut anda sudah dicuci sebelumnya.
    • Biarkan sekitar 15 menit, kemudian bilas dengan air dingin.
    • Lakukan 3 kali seminggu, baiknya dipagi hari sehabis mandi.

5. Minyak Kelapa

Minyak kelapa mengandung antioksidan yang memperkuat rambut dan memperlihatkan kilau alami. Selain itu minyak kelapa juga mempunyai sifat antimikroba yang membantu memerangi benjol kulit kepala.

  • Siapkan 1-2 sendok makan minyak kelapa murni.
  • Beri sedikit pemanas hingga hangat.
  • Oleskan minyak kelapa hangat tadi ke kulit kepala hingga akar rambut. Pijat kecil dengan geraka n melingkar.
  • Diamkan sekitar 30 menit atau semalan, kemudian keramas ibarat biasa.
  • Anda sanggup melakukannya setiap hari.
  • Anda juga sanggup memakai minyak almond dan zaitun. Minyak zaitun mempunyai kegunaan untuk meningkatkan elastisitas rambut. Minyak Almond membantu mencegah rambut rontok dan membuatnya lebih kuat.

 6. Teh Hijau

Teh hijau dikenal untuk merangsang folikel rambut dan meningkatkan laju pertumbuhan rambut.

  • Siapkan 2 kantong teh hijau dan 2-3 cangkir air panas.
  • Celupkan teh hijau dalam air panas, tunggu hingga dingin.
  • Bilas teh hijau ke rambut anda dan pijat hingga merata ke kulit kepala.
  • Anda sanggup memakai solusi teh hijau ini sebagai kondisioner sehabis keramas.
  • Ulangi cara ini 2 kali seminggu.

Itulah beberapa cara alami mengatasi rambut rontok yang gampang dan sanggup dilakukan dirumah tanpa mengeluarkan banyak uang. Selain dengan obat alami rambut rontok diatas, anda sanggup mengikuti tips berikut untuk mencegah kerontokan pada rambut.

Menjaga gaya hidup sehat dengan tidak mengkonsumsi junk food dan olahraga teratur. Mengkonsumsi junk food sanggup menimbulkan rambut rontok, selain itu juga tidak baik untuk badan lantaran mengandung kalori yang berlebih dan tidak ada nutrisi penting didalamnya. Sebaiknya anda beralih ke sayur dan buah buahan serta masakan yang kaya protein dalam hidangan anda. Jangan lupa luangkan waktu untuk berolahraga setidaknya 30 menit sehari / 5 kali seminggu. Olahraga teratur meningkatkan sirkulasi darah dan oksigen ke kulit kepala sehingga rambut lebih sehat dan tidak rontok.

Rambut rontok mungkin sanggup menjadi problem serius bagi anda, tapi tiap problem niscaya ada cara untuk mencegah dan mengatasi. Ikutilah tips diatas dan anda tidak akan bermasalah lagi dengan rambut rontok. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda, jangan lupa meninggalkan jejak setelah membacanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *